Sabtu, 24 Oktober 2015

Manfaat Yoghurt bagi kecantikan

Manfaat Yoghurt tidak hanya sebagai bahan makanan, tapi yoghurt  juga dikenal karena sifatnya yang menguntungkan bagi kesehatan kulit dan rambut yang kuat. Menggunakan yoghurt untuk kulit dan rambut merupakan cara suku India kuno. Bahkan, Cleopatra dari Mesir kuno diketahui melakukan mandi yoghurt untuk menjaga kecantikan kulitnya. Berikut ini beberapa diantaranya  :

Mengangkat Sel Kulit Mati

  • Sifat pelembab yogurt dapat menjadi scrub yang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini sangat baik untuk mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif.
  • Buat scrub alami di rumah – 2 sdm yogurt dan 1 sdm oat. Lakukan eksfoliasi kulit dengan cara, memijat lembut kulit dengan gerakan memutar.
  • Komedo –  tambahkan yoghurt denga sedikit tepung beras, hingga menjadi pasta tebal. Gosok ke kulit dengan gerakan memutar kecil, kemudian cuci dengan air dingin.
Memerangi Jerawat
  • Menambahkan yoghurt ke dalam menu diet harian atau sebagai perawatan wajah untuk menyembuhkan jerawat. Karena sifat asam, yogurt menghancurkan berbagai bakteri penyebab jerawat, jamur dan kuman dalam tubuh.
  • Terapkan krim yoghurt krim pada wajah (masker wajah) dan cuci setelah 30 menit dengan air bersih untuk membersihkan kulit.
  • Atau buat pasta dari yoghurt dengan menambahkan manfaat kunyit bubuk, gula dan bubuk cendana. Pijat pasta pada kulit dan bilas dengan air dingin setelah 15 menit.
Menyembuhkan Kulit Terbakar
Yogurt mengandung seng yang membantu meringankan kulit dan sensasi gatal-gatal dari pembakaran. Campur yoghurt dengan menambahkan beberapa minyak esensial seperti manfaat minyak zaitun. Gunakan ini pada permukaan kulit yang terbakar dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya.
Menyingkirkan Ketombe
Yogurt mengandung sifat anti jamur dan anti-bakteri yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak sebagai pembersih alami dan menyingkirkan ketombe. Manfaat anti-bakteri juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.
  • Pijat kulit kepala dengan yoghurt dan cuci kepala dengan air hangat setelah 15 menit. Sifat asam laktat membantu melembabkan kulit kepala dan mengangkat sel kulit mati, sehingga menyembuhkan ketombe dan memulihkan kesehatan rambut.
Mengatasi Rambut Rontok
Rambut rontok menunjukan rambut yang kurang gizi dan kurang terhidrasi.
  • Buat masker rambut dengan, kombinasi manfaat buah pepaya sebanyak 250 gram dan setengah cangkir yoghurt. Tumbuk bahan bersama-sama sampai halus. Oleskan pada rambut yang bersih, dan biarkan selama 60 menit sebelum dibilas dengan sampo ringan.
Lakukan perawatan ini secara rutin minimal satu minggu sekali, untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar dan rambut yang indah tanpa repot ke salon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar